Edukasippkn.com
– Pada tab lembaga aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.0.0 ini dibagi menjadi beberapa bagian :
1.
Identitas
Lembaga > Perubahannya hanya bisa dilakukan oleh PDSP -K (Pusat Data dan
Statistik Pendidikan – Kebudayaan) di pusat melalui aplikasi vervalsp yang
dilakuakan oleh dinas kab/kota setempat.
2.
Lokasi
Lembaga > Entrian mengenai letak lembaga berada.
3.
Data
Pelengkap >Data mengenai kelengkapan administrasi lembaga dsb.
4.
Kontak
Lembaga > No telephone, email, fax, website (jika ada)
Pada
aplikasi dapodik versi 3.0.0 bagian lembaga terdapat penambahan kolom NPWP yang
harus di isi.
Pada
tab lembaga menampilkan informasi data lembaga beserta data pendukungnya,
sebagai berikut:
Pada
beberapa grup identitas lembaga dibagi menjadi 4 bagian, yaitu identitas
lembaga, lokasi lembaga, data pelengkap lembaga dan kontak lembaga. Form ini
harap diisi dengan data sebenarnya, setelah data berhasil dimasukan, operator
dapat memilih tombol [save] untuk menyimpan.
1) Identitas lembaga
Pada
form identitas lembaga ini memberikan informasi identitas lembaga.
2) Lokasi lembaga
Form
lokasi lembaga Paud dapat menggunakan fasilitas lintang dan bujur lokasi
lembaga terkait. Jika komputer dalam keadaan online (tersambung internet) maka
akan ada informasi anda sedang online pada tombol “Buka Peta Koordinat”. Dan
bisa mengarahkan titik bujur dan lintang lokasi lembaga secara online.
Pada
field kecamatan/kabupaten untuk pencarian harap memasukan nama kecamatan atau
kabupaten, lalu sistem akan mencari sesuai apa yang dimasukan oleh
operator.
3) Data pelengkap
Data
pelengkap jika pada lembaga melayani kebutuhan khusus maka harap memilih
kebutuhan khusus apa yang dilayani pada lembaga terkait. Form lainnya diisi
sesuai dengan keadaan pada lembaga masing masing.
4) Kontak lembaga
Form
kontak lembaga sama halnya dengan form form sebelumnya, disesuaikan dengan
keadaan jika memang lembaga memiliki website maka harap mencantumkan alamatnya
pada Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas ini. (format penamaan website harus
“http://www.blablabla.com”) menggunakan http://. Jika tidak maka sistem tidak
akan bisa menyimpan data yang telah di masukan.
Berikut
adalah beberapa tabel pelengkap untuk melengkapi data rincian lembaga
PAUD.
5) Data Rinci Lembaga
Data
rinci lembaga pengisian kategori TK, Perizinan PAUD, Sertifikat surat tanah,
serta pelayanan terhadap lembaga lain.
Data
Layanan kesehatan dan gizi di isikan dengan jangka waktu pemberian jadwal
kesehatan, dengan cara memilih jangka waktu di sebelah kanan kolom, seperti
gambar berikut ini.
Data
Layanan kesehatan dan gizi di isikan dengan jangka waktu pemberian jadwal
kesehatan, dengan cara memilih jangka waktu dengan tombol panah kebawah di
sebelah kanan kolom, seperti gambar diatas.
Pelaksanaan
program parenting di isikan dengan jangka waktu program sesuai dengan keadaan
sekolah, dengan cara memilih jangka waktu dengan tombol panah kebawah di
sebelah kanan kolom, seperti gambar berikut ini.
6) Data periodik
Pengisian
data periodik ini disesuaikan dengan keadaan nyata lembaga. Setelah diisi
lengkap bisa klik tombol [save] pada sebelah kanan bawah form data periodik.
7) Sanitasi
Pengisian
data sanitasi ini disesuaikan dengan keadaan nyata lembaga. Setelah diisi
lengkap bisa klik tombol [save] pada sebelah kanan bawah form data sanitasi.
Adapun tab sanitasi ada pada gambar berikut :
8) Bantuan
Pengisian
data Bantuan ini disesuaikan dengan keadaan nyata lembaga berapa dan darimana
mendapatkan dana Bantuan.
Langkah-langkah
dalam pengisian dalam bantuan:
a)
Klik tombol [tambah] untuk menambahkan data Bantuan
b)
Kliktombol [ubah] untuk mengubah data Bantuan
c)
Setelah diisi lengkap tekan tombol [simpan] pada toolbar form data Bantuan
d)
Tombol [hapus] bisa digunakan apabila ingin menghilangkan data Bantuan
Tab
Bantuan seperti dibawah ini:
9) Akreditasi
Akreditasi
adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembagapendidikan
swasta. Berikut adalah toolbar untuk menambah, mengubah, menyimpan dan
menghapus akreditasi pada lembaga.
Cara menginput pada akreditasi:
a)
Klik tombol [Tambah]
.
Input pada kolom SK Akreditasi yang dimiliki oleh lembaga
.
Pilih Tanggal mulai berlaku akreditasi
.
Pilih Tanggal mulai selesai akreditasi
.
Pilih Akreditasinya : A, B, C, Tidak terakreditasi, Belum terakreditasi
.
Pilih Lembaga Akreditasi: Ban
b)
Setelah selesai kita tekan tombol [Simpan]
Tab
akreditasi seperti dibawah ini:
10) Layanan
Layanan
berfungsi untuk melayani suatu lembaga berdasarkan Kebutuhan Khusus, Bentuk
Layanan, Nama Layanan, SK Ijin Operasional dan Tanggal Izin Operasional.
Berikut adalah toolbar untuk menambah, mengubah ,menyimpan dan menghapus
akreditasi pada lembaga.
Cara
menginput pada layanan:
a)
Klik tombol [Tambah]
.
Input pada kolom Nama Yayasan dengan kita ketik
.
Input Alamat Jalan yayasan dengan kita ketik
.
Input RT dengan kita ketik
.
Input RW dengan kita ketik
.
Input Nama Dusun dengan kita ketik
.
Input Desa Kelurahan dengan kita ketik
.
Input Kecamatan degan memilih nama salah satu kecamatan yang ada
.
Input Kode Pos dengan kita ketik
.
Input Lintang berapa posisi lembaganya
.
Input Bujur berapa posisi lembaganya
.
No Telepon lembaga
b)
Setelah selesai kita tekan tombol [Simpan]
Tab
layanan seperti dibawah ini:
11) Yayasan
Yayasan
berfungsi untuk memberikan informasi yayasan berdasarkan Nama Yayasan, Alamat
Jalan, RT, RW, Nama Dusun, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kode Pos dan lain- lain.
Pada versi 3.0.0 terdapat penambahan kolom NPYP (Nomor Pokok Yayasan
Pendidikan). Berikut adalah tombol untuk menambah, mengubah, menyimpan dan
menghapus akreditasi pada lembaga. Untuk Yayasan hanya muncul di lembaga
berstatus swasta, dan tidak muncul di lembaga berstatus negeri.
Tab
yayasan seperti dibawah ini:
0 Response to "Cara Mengisi Data Lembaga Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas V. 3.0.0 Tahun 2016/2017"
Posting Komentar