Download Juknis Program Bantuan Beasiswa Kewirausahaan Siswa SMK Tahun 2016

Edukasippkn.com - Pembelajaran kewirausahaan pada dasarnya merupakan suatu pembelajaran tentang nilai (value), kemampuan (ability) dan perilaku (attitude) dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapi.

Pembelajaran Kewirausahaan dalam ranah pendidikan, tidak hanya dikembangkan untuk menghasilkan manusia terampil intelektual, tetapi juga yang inspiratif-pragmatis, untuk itu pembelajaran kewirausahaan di SMK harus menjadi alternatif dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pembelajaran kewirausahaan di SMK telah diimplementasikan dalam berbagai bentuk media pembelajaran berbasis produksi dan bisnis antara lain: Teaching Factory, Teaching Industry, Hotel Training, Incubator Unit, Business Center di sekolah, dan pada tahun 2016 terus dilanjutkan dengan penguatan pembelajaran 

Kewirausahaan (entrepreneurship) melalui pemberian beasiswa kewirausahaan bagi kelompok-kelompok wirausaha siswa dengan pola kelas wirausaha.

Pembekalan dibidang kewirausahaan diharapkan menjadi salah satu jawaban bagi pendidikan di SMK untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia. 

Hal tersebut dikarenakan pembekalan kompetensi kewirausahaan diarahkan untuk mempersiapkan anak didik dalam rangka menciptakan lapangan kerja, mengentaskan masalah pengangguran, kemiskinan, keterpurukan ekonomi dan secara politis dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai bangsa yang mandiri.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, Direktorat Pembinaan SMK memberi perhatian khusus terhadap peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran Kewirausahaan (KWU) di SMK melalui program Beasiswa Kewirausahaan Siswa SMK.

Beberapa tujuan dari adanya program beasiswa kewirausahaan bagi siswa SMK di tahun 2016 ini di antaranya :

1.   Meningkatkan kemampuan kewirausahaan Siswa SMK;
2.   Penguatan pembelajaran kewirausahaan SMK yang berorientasi pada pembentukan jiwa wirausaha;
3.   Mendukung terbentuknya kelompok wirausaha di SMK;
4.   Menyiapkan rintisan teaching factory di SMK;
5.   Menyiapkan lulusan SMK untuk menjadi wirausaha.

Download selengkapnya Petunjuk Teknis / Juknis Beasiswa Kewirausahaan Siswa SMK Tahun 2016 ini, silahkan klik di sini atau di link berikut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Download Juknis Program Bantuan Beasiswa Kewirausahaan Siswa SMK Tahun 2016"

Posting Komentar