Edukasippkn.com
- Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi kebutuhan penting dalam penyelenggaraan
pendidikan.
Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Ketentuan Umum
Pasal 1 Nomor 15 menyebutkan bahwa pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang
peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan
berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media
lain.
Sementara
Pasal 35 ayat 1 menyebutkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.
The
partnership 21st century skills (http://www.p21.org/) juga menggambarkan trend
perkembangan abad 21 bahwa kita hidup dalam teknologi dan lingkungan media-driven,
ditandai dengan akses kelimpahan informasi, perubahan yang cepat dalam
perangkat teknologi, dan kemampuan untuk berkolaborasi serta membuat individu
berkontribusi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Warga
produktif dan pekerja harus mampu menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan fungsional,
seperti melek informasi, melek media, dan melek ICT (Information and Communication
Technology).
Literasi
ICT atau TIK merupakan bagian penting yang harus ada dalam kurikulum abad
ke-21, selain kecakapan berpikir dan belajar (Thinking and Learning Skills). Literasi ICT diartikan sebagai
kemampuan untuk menggunakan ICT dalam menuntaskan kecakapan berpikir dan
belajar. Peserta didik abad ke-21 merupakan digital native di mana teknologi
sudah menjadi bagian hidup mereka.
Oleh
karena itu, literasi ICT atau TIK merupakan bagian penting dari keterampilan
yang harus dikuasai oleh guru atau kepala sekolah/madrasah. Dengan penguasaan
ICT atau TIK, guru atau kepala sekolah/madrasah diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran,
mengolah dan menggali informasi yang dibutuhkan, serta memanfaatkan teknologi
dan media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Modul
Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan untuk membekali guru
atau kepala sekolah/madrasah dalam meningkatkan kompetensi penerapan TIK, untuk
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui modalitas dalam jaringan
(daring). Penggunaan modul ini dapat berimplikasi pada pembudayaan pembelajaran
yang berbasis TIK. Modul dasar TIK disajikan melalui pembelajaran dalam bentuk
tatap muka di kelas, melalui pemahaman teori dan kegiatan praktik untuk tugas
mandiri dan kelompok, serta diskusi.
Silahkan
download / unduh Buku Panduan Modul Dasar TIK Kepala Sekolah Pembelajar dan
Pengawas Sekolah Pembelajar Moda Daring / Online pada tautan berikut (Modul Dasar TIK KSPS Pembelajar).
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
0 Response to "Download Buku Panduan Modul Dasar TIK Kepala Sekolah Pembelajar dan Pengawas Sekolah Pembelajar Moda Daring / Online"
Posting Komentar