Download Buku Panduan Manual PKB Kepala Sekolah / Madrasah Tahun 2016

Edukasippkn.com - Kepala sekolah/madrasah (KS/M) memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama berkaitan dengan upaya pengembangan sekolah/madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar KS/M menetapkan dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh KS/M dalam menjalankan tugas dan fungsinya (tusi).

Tusi KS/M agar dapat dijalankan dengan baik, maka kompetensi KS/M harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan kompetensi KS/M dapat diperoleh melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berdasarkan arahan Dirjen GTK istilah PKB KS/M diubah menjadi KS/M Pembelajar.

Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 menjelaskan bahwa KS/M harus melakukan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dit. Pembinaan Tendik dan Dikdasmen), sebagai koordinator dan sekretariat yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) pada program peningkatan kompetensi bagi KS/M terus berupaya mendorong pelaksanaan kegiatan KS/M Pembelajar.


Salah satu upaya tersebut adalah mengembangkan sistem KS/M Pembelajar Moda Daring.

User Manual (buku manual) ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Kepala Sekolah/Madrasah (KS/M) dengan menggunakan moda daring (dalam jejaring).

Buku manual PKB KS/M moda daring disusun sebagai pegangan bagi peserta, pengawas dan pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program PKB KS/M moda daring.

Buku manual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam PKB KS/M moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PKB secara umum. Silakan download buku manual ini sesuai dengan peruntukkannya di antaranya User Manual Peserta, User Manual Pengawas, dan User Manual Admin dan Pengampu pada tautan berikut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : http://pkbks.kemdikbud.go.id/

0 Response to "Download Buku Panduan Manual PKB Kepala Sekolah / Madrasah Tahun 2016"

Posting Komentar