Tujuan Upacara Bendera di Sekolah

Edukasippkn.com – Setiap hari Senin pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, setiap sekolah dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat diwajibkan mengadakan upacara bendera hari Senin.

Upacara bendera setiap hari Senin di sekolah bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa serta memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa ataupun menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme.


Dengan sikap upacara bendera dengan berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. 

Jika siswa mampu disiplin dalam mengikuti upacara bendera, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati seluruh peserta upacara akan terasa bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. 

Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir para penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada seluruh siswa untuk senantiasa mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan siswa.

0 Response to "Tujuan Upacara Bendera di Sekolah"

Posting Komentar