Pengertian Keterbukaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Istilah keterbukaan atau transparansi merupakan pengembangan dari kata dasar terbuka. Istilah tersebut memiliki arti jernih, nyata, jelas, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, keterbukaan atau transparansi mengacu pada tindakan yang memungkinkan suatu persoalan menjadi jelas, mudah dipahami, dan tidak disangsikan lagi kebenarannya.

Dalam kaitannya dengan penyelenggaraan pemerintahan, istilah ini memiliki arti sebagai kesediaan pemerintah untuk memberikan informasi faktual mengenai hal-hal yang berkenaan dengan proses penyelenggaraan pemerintahan.

Keterbukaan pemerintah ini akan memiliki dampak positif bagi masyarakat, yaitu masyarakat menjadi paham terhadap kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pelaksana pemerintahan sehingga dapat ikut berpartisipasi secara aktifdi dalam pelaksanaannya. Di samping itu, masyarakat dapat melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah, sehingga memperkecil peluang kekuasaan yang ada disalahgunakan oleh pemerintah.

Adapun kaitannya dengan masyarakat, keterbukaan akan membentuk karakter masyarakat yang terbuka dan kritis, sehingga menjadi sebuah komunitas masyarakat yang demokratis. Masyarakat yang terbuka akan mudah menerima perubahan yang sifatnya positif tanpa dilingkupi oleh sikap curiga. 

Di antara masyarakat pun dapat saling mempelajari kekurangan dan kelebihan komunitasnya dengan sikap lapang, sehingga tidak terjadi kompetisi yang tidak sehat di antara mereka. Oleh karena itu, karakter masyarakat yang terbuka semacam ini akan dapat mendorong kemajuan pembangunan di segala bidang.

0 Response to "Pengertian Keterbukaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara"

Posting Komentar