Edukasippkn.com
- Semiawan menjelaskan belajar kreatif dapat berlangsung secara lebih lancar
dalam suatu iklim yang menunjang pendayagunaan kreativitas. Untuk mendorong
berpikir kreatif, perlu diusahakan suatu suasana terbuka terhadap
gagasan-gagasan baru.
Lingkungan
siswa perlu diusahakan agar ikut membantu menghilangkan hambatan-hambatan untuk
berpikir kreatif. Dalam iklim yang kreatif ini terdapat siswa dan guru, anak
dan orang tua saling menerima dan saling menghargai. Dukungan dan sikap positif
dari guru, orang tua, pendidik, dan pengasuh, akan menimbulkan dorongan dalam
diri anak untuk ungkapan kreatif.
Berikut
ini dikemukakan beberapa saran untuk menciptakan iklim dan suasana yang
mendorong dan menunjang pemikiran kreatif (Semiawan, 1990):
a.
Bersikaplah
terbuka terhadap minat dan gagasan anak atau siswa.
b.
Berilah
waktu kepada anak/siswa untuk memikirkan dan mengembangkan gagasan kreatif.
Kreativitas tidak selalu timbul secara langsung dan spontan.
c.
Ciptakanlah
suasana saling menghargai dan saling menerima antar anak atau siswa, antara
anak dengan orang tua, dan antara siswa dengan guru atau pengasuh; sehingga
anak atau siswa dapat bekerja sama, mengembangkan dan belajar secara bersama
maupun secara mandiri.
d.
Kreativitas
dapat diterapkan dalam semua bidang kurikulum dan bidang ilmu. Kreativitas
bukanlah monopoli bidang seni.
e.
Doronglah
kegiatan berpikir divergen dan jadilah nara sumber dan pengarah.
f. Suasana
yang hangat dan mendukung memberi keamanana dan kebebasan untuk berpikir
menyelidiki (eksploratif).
g.
Berilah
kesempatan kepada anak atau siswa untuk berperan serta dalam mengambil
keputusan.
h.
Usahakanlah
agar semua anak atau siswa terlibat dan dukunglah gagasan dan pemecahan anak
atau siswa terhadap masalah dan rencana (proyek). Mendukung tidak sama dengan
menyetujui. Mengusahakan berarti menerima, menghargai, dan apabila masih belum
tepat usahakan ketepatan pemecahan secara bersama.
i. Bersikaplah
positif terhadap kegagalan, dan bantulah anak atau siswa untuk menyadari
kesalahan atau kelemahan serta usahakan peningkatan gagasan atau usahanya agar
memenuhi syarat, dalam suasana yang menunjang atau mendukung.
0 Response to "Cara Menciptakan Iklim dan Suasana Yang Mendorong Pemikiran Kreatif Siswa"
Posting Komentar