Download Buku Roadmap Pengembangan Sistem Dapodik PAUD Dikmas Tahun 2015 – 2019

Edukasippkn.com - Data yang akurat dan mudah diakses sangat dibutuhkan pemangku kebijakan untuk dijadikan sebagai dasar utama pembuatan keputusan.

Oleh karena itu, data pendidikan yang disediakan setiap satuan kerja harus diklarifi kasi kesahihan,  relevansi dan keterbaruannya, serta mudah diakses.

Dalam upaya menyediakan data yang lengkap, akurat, dan guna memperoleh data yang relasional dan longitudinal tentang pendidikan, terutama di lingkungan Diretorat Jenderal PAUDNI, maka upaya penyatuan data yang saat ini dimiliki dan yang akan diperoleh setiap satuan kerja perlu diwadahi dalam sebuah sistem pendataan yang dikenal dengan Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

Pengembangan sistem DAPODIK juga dilakukan sebagai tindak lanjut Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Data Pendidikan.

Sesuai dengan Instruksi Menteri tersebut, kementerian perlu merancang basis data pendidikan yang relasional sehingga mampu menghasilkan data longitudinal untuk tiap entitas pendidikan. Untuk menghasilkan data yang longitudinal tersebut, maka kementerian pendidikan dan kebudayaan membangun sistem pendataan DAPODIK untuk melayani kebutuhan kementerian dan stakeholder terkait. Dengan adanya sistem pendataan ini diharapkan dapat dikumpulkan data yang akurat, terbaru dan disampaikan tepat waktu.

Untuk mendukung kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Jenderal PAUDNI, Sekretariat Ditjen PAUDNI menyusun naskah peta jalan (Roadmap) Pengembangan DAPODIK PAUD-DIKMAS 2015-2019. Dengan adanya Roadmap ini, diharapkan ada kepastian tentang sistem, infrastruktur, manajamen serta hasil DAPODIK yang semakin akurat dan mendukung perencanaan program, penganggaran, pelaksanaan serta capaian hasil pembangunan bidang pendidikan selama periode Kabinet Kerja 2015-2019.

Download selengkapnya Roadmap Pengembangan Sistem Dapodik PAUD Dikmas Tahun 2015 – 2019 pada links tautan sumber berikut. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Download Buku Roadmap Pengembangan Sistem Dapodik PAUD Dikmas Tahun 2015 – 2019"

Posting Komentar