Berdasarkan pada surat edaran dari Dirjen Pendis nomor DJ.I/PP.00.6/3541/2015
tanggal 25 September 2015 tentang Penggunaan Sistem Pendataan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan pada binas Direktorat Pendidikan Madrasah bahwa pada
Semester I tahun pelajaran 2015/2016 ini layanan SIMPATIKA Kemenag resmi
dilaksanakan.
Berkaitan
dengan hal tersebut, maka setiap PTK yang berada di bawah naungan Kemenag harus
melakukan aktifasi pada layanan SIMPATIKA.
Proses
keaktifan PTK (Cetak Kartu Digital PTK) dalam satu Madrasah/sekolah saat ini
tidak lagi harus menunggu persetujuan keaktifan kolektif (S25) dari
Mapenda/Dinas setempat, setiap PTK dapat langsung mencetak kartu digital
masing-masing melalui akun PTK nya. Namun untuk kepala Madrasah/Sekolah tetap
harus melalui prosedur ajuan kolektif (S25) untuk dapat mencetak kartu
digitalnya.
Berikut
panduan cara Cetak Kartu Digital PTK Simpatika Semester I Tahun 2015/2016, selengkapnya sebagai berikut :
1.
Login
sebagai PTK pada http://kemenag.siap.id
2. Silakan
isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan PTK jika
telah berhasil login.
3.
Pada
halaman dasbor PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan
gambar.
4.
Klik "Info Mengajar" untuk melihat Riwayat Mengajar Anda.Pemutakhiran riwayat mengajar
tidak perlu di entri manual lagi oleh setiap guru. Sistem akan meng-update
riwayat mengajar baik di sekolah induk atau non induk secara otomatis ke setiap
portofolio guru sesuai dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan
pada semester aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah.
Catatan
: harap disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas
pada semester 1 TP. 2015/2016 yang telah berlaku di sekolah saat ini sebagai
dasar entri ke sistem SIMPATIKA).
5.
Klik
untuk melihat Panduan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan : Cara Membuat Jadwal
Kelas Mingguan Simpatika. Berikut contoh tampilan Daftar Riwayat mengajar Anda.
6.
Selanjutnya,
klik Periksa Portofolio, periksa portofolio Anda. Jika ada yang harus
disesuaikan silakan klik Edit Kembali, namun jika sudah sesuai klik OK.
7.
Selanjutnya,
klik tombol "Aktifkan" untuk periode Tahun Ajuran 2015/2016 Semester 1.
8.
Langkah
terakhir, Klik tombol "Cetak" Kartu untuk mencetak kartu digital PTK.
9.
Selamat,
kartu digital Anda sebagai tanda keaktifan PTK periode Tahun Ajaran 2015-2016
Semester 1 telah berhasil dicetak. Berikut contoh kartu GTK sebagai tanda
keaktifan PTK pada semester berjalan.
Demikian
panduan panduan Cara mengaktifkan PTK serta Cetak Kartu Digital PTK Simpatika
Semester I Tahun 2015/2016. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
0 Response to "Cara Cetak Kartu Digital Keaktifan PTK SIMPATIKA Semester 1 2015/2016"
Posting Komentar