Syarat-syarat Untuk Menjadi Masyarakat Madani

Upaya untuk mengoptimalkan masyarakat madani menjadi sebuah kebutuhan mengingat pilihan yang telah kita ambil untuk keluar dari tekanan rezim orde baru adalah agar kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan lebih sejahtera.

Untuk itu, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

1. Perubahan politik secara struktural

Berbagai hambatan yang sekiranya akan dapat mengikis demokrasi harus dihapus. Berbagai bentuk penataan politik yang dilakukan melalui perubahan dan penyusunan perundang-undangan baru harus diarahkan untuk menjamin terbentuknya pemerintahan yang transparan dan menjamin berkembangnya masyarakat yang demokratis dan mandiri.

2. Perubahan politik secara kultural

Ketertekanan yang dirasakan oleh masyarakat selama puluhan tahun, telah mengkondisikan masyarakat menjadi sangat tergantung kepada negara. Namun untungnya pendidikan yang telah berkembang luas turut mengembangkan masyarakat yang kian rasional. Peran negara yang kondusif juga berpengaruh positif terhadap peningkatan kesadaran politik rakyat dalam mengaktualisasikan hak-hak politik dan kemandirian sebagai warga negara.

3. Modal ekonomi mandiri

Masyarakat madani memerlukan modal ekonomi mandiri yang memungkinkan mereka memiliki bargainning position dan pengaruh politik yang kuat dalam interaksi dengan negara, agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menunjukkan eksistensinya. Dalam hal ini, pemberdayaan ekonomi merupakan syarat yang harus dipenuhi agar terbangun masyarakat madani yang kuat.

4. Kesadaran politik

Diperlukan kesadaran politik untuk menjaga kohesi sosial dan integrasi politik di kalangan elemen-elemen masyarakat madani. Setelah keruntuhan sistem totaliter, terdapat ancaman kehancuran sendisendi nasionalisme, seperti persatuan, toleransi, dan saling menghargai antarkelompok yang berbeda. Upaya untuk mengoptimalisasikan masyarakat madani tersebut dapat dimulai dengan melakukan pelibatan partisipasi masyarakat secara luas dalam pembangunan. Masyarakat madani memerlukan modal ekonomi mandiri yang memungkinkan mereka memiliki bargainning position dan pengaruh politik yang kuat dalam interaksi dengan negara.

Paradigma yang perlu kita bangun dalam mengoptimalkan masyarakat madani tersebut antara lain sebagai berikut:

1.   Masyarakat memiliki daya dan upaya untuk membangun kehidupannya sendiri.
2.   Masyarakat memiliki pengetahuan dan kearifan tersendiri dalam menjalani kehidupannya secara alami.
3.   Upaya pembangunan masyarakat akan efektif apabila melibatkan secara aktif seluruh komponen masyarakat sebagai pelaku sekaligus penikmat pembangunan.
4.   Masyarakat memiliki kemampuan membagi diri sedemikian rupa dalam peranperan pembangunan mereka.

Dalam praktiknya, optimalisasi masyarakat madani dapat dilakukan dengan jalan sebagai berikut:

1. Menggunakan pendekatan partisipatif

Masyarakat harus ditempatkan sebagai subjek utama pembangunan. Partisipasi dari masyarakat akan menumbuhkan rasa saling memiliki dan menjaga setiap upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Partisipasi memungkinkan terciptanya program tepat guna dan tepat sasaran sehingga upaya peningkatan kesejahteraan dapat lebih efektif dan efisien.

2. Pendampingan yang intensif dan berkelanjutan

Masyarakat yang telah terlibat secara aktif dalam program peningkatan kesejahteraan, harus mendapatkan pendampingan secara intensif dan berkelanjutan agar tercipta pendidikan yang dialogis antara masyarakat dengan fasilitator (pendamping).

3. Mengembangkan media komunikasi yang murah, mudah, dan bisa dimanfaatkan

Media komunikasi yang murah dan mudah, memungkinkan masyarakat dapat membagi dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan lebih cepat. Setiap orang memiliki akses untuk mencari dan memberi solusi bagi setiap masalah yang dihadapi oleh masyarakat lainnya.

4. Mengutamakan potensi masyarakat setempat

Kemandirian masyarakat yang dicita-citakan oleh masyarakat madani, nilai-nilainya sesungguhnya telah tertanam dalam masyarakat. Pembangunan harus berangkat dari apa yang ada dan dimiliki oleh masyarakat. Masyarakat harus dikenalkan dengan potensi sumber daya yang mereka miliki dan mengetahui cara untuk mengoptimalkan sumber daya tersebut sehingga mereka pula yang akan menikmati hasil kerja mereka. 

Dengan demikian kesejahteraan dapat tercipta di tengah-tengah mereka terlebih dahulu dan bukan tercipta di tempat lain.

0 Response to " Syarat-syarat Untuk Menjadi Masyarakat Madani"

Posting Komentar