Edukasippkn.com
- Masalah demi masalah muncul dalam pengerjaan Dapodik PAUD tahun 2015 ini.
Mungkin hal ini terjadi karena Dapodik di jenjang PAUD baru saja dilaksanakan
pada tahun ini. Melalui artikel ini
admin akan membagikan tanya jawab seputar
Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015/2016
Berikut
ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh Operator terkait
dengan Pendataan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS tahun 2015 yang dikutip melalui
grup FB Dapodik PAUD-DIKMAS.
Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015-2016 :
Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun 2015-2016 :
T:
Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS?
J:
Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
T:
Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa koneksi internet?
J:
Bisa. Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat
Registrasi dan Sinkronisasi.
T:
Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode registrasi?
J:
Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
wimaogawa.blogspot.com
T:
Apa syaratnya memiliki kode registrasi?
J:
Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
T:
Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
J:
Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat, mohon
agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan
melalui Aplikasi Verval SP http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id
T:
Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di
http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak terdapat di Verval SP. Apa
yang harus dilakukan?
J:
Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke
grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan
bertanya disana
T:
Aplikasi yang digunakan sekarang yang versi berapa?
J:
Aplikasi v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj
T:
Yang mana yang harus diinstall Aplikasi v.1.1.2 atau patch v.1.1.3.uj?
J:
Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj
T:
Apa bedanya registrasi online dan offline
J:
Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet,
Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet,
sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan
file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
T:
Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak lembaga di satu laptop?
J:
Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua,
keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.
T:
Apakah boleh sinkron berkali-kali
J:
Boleh.
T:
Apa bedanya sinkronisasi online dan offline
J:
Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet,
Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan
internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang
offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer
yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill
dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
T:
Dimana bisa mengecek status sinkronisasi?
J:
Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman
http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
T:
Aplikasi saya gagal sinkron terus, berhenti di 20%
J:
Biasanya karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu
install aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur
mengisi dan sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update
instalasi dengan membackup data terlebih dahulu
https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/
T:
Aplikasi saya sudah berhasil sinkron, tapi statusnya Gagal Proses terus.
J:
Biasanya karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari
http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang patch-nya lalu sinkronisasi
lagi.
T:
Kalau saya jalankan update patch v.1.1.3 apakah data saya akan hilang?
J:
Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
T:
Sinkronisasi saya statusnya "Diterima" apa artinya?
J:
Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima
(Hijau): Data sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk antrian proses
memasukkan ke database pusat
Proses
(Ungu): Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat
Selesai
(Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
Selesai
* (Oranye): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat, dalam
pemrosesan terdapat pembersihan data.
Gagal
Proses (Merah): Data gagal diproses masuk ke database pusat.
T:
Kalau statusnya Selesai * apa berarti datanya belum aman?
J:
Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi
dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
T:
Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke aplikasi manajemen?
J:
Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung
dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan
lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.
T:
Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke Aplikasi Manajemen data Peserta Didik
dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
J:
Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK
nya belum diberi penugasan.
Baca juga : Panduan/ Langkah-langkah Update Versi 2.0.3 Aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas Semester 2 Tahun Pelajaran 2015-2016
Demikian sharing informasi mengenai daftar seputar tanya jawab Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun Ajaran 2015-2016. Semoga bermanfaat.
Demikian sharing informasi mengenai daftar seputar tanya jawab Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun Ajaran 2015-2016. Semoga bermanfaat.
Silahkan dicek dan dipastikan telah menggunakan versi aplikasi terbarunya terlebih dahulu.
BalasHapusPak kok data siswa saya dan guru tidak kelihatan pada rombel yaaa?
BalasHapuskenapa sulit download apikasinya
BalasHapusdownload 2 x coba
Hapussaya sudah memasukkan data peserta didik, namun di data rombel tidak muncul, knapa ya?
BalasHapusPembaharuan untuk identitas lembaga bagaimana yaa?
BalasHapuscari di menu lembaga
Hapusapakah yg belum punya npsn bisa input data dapodik?
BalasHapusapakah yg belum punya npsn bisa input data dapodik?
BalasHapusSaya melakukan penghapusan data pada pembelajaran,kemudian input ulang tetapi saat saya cek pd laporan excel jam mengajar nya malah bertambah, kenapa ya?
BalasHapusSaya melakukan penghapusan data pada pembelajaran,kemudian input ulang tetapi saat saya cek pd laporan excel jam mengajar nya malah bertambah, kenapa ya?
BalasHapusmemang rumit,
BalasHapuscontohnya pengisian data pendukung, misal pada menu yayasan, kita sudah masukan nama yayasan, trus untuk kolom selanjutnya seperti alamat rt rw dsb tdk bisa di isi
Riwayat Pendidikan Formal pun begitu dan masih banyak yang lainya
seharusnya ada tutorial mengenai pengisian komponen pada aplikasi ini
saya sudah regristasi dan mengisi data di pc
BalasHapusnamun pada saat saya mau menegerjakan / melanjutkan mengisi data di laptop tidak bisa, padahal juga sudah regristrasi
ketika login di laptop, data yang ada di pc yang akan saya lanjutkan tidak ada, apakah berarti saya harus mengerjakan ulang mengisi data di laptop seperti di pc
terimakasih
maap pak,saya sdh d proses dan selesai ,namun guru dan pegawai tidak timbul jumlah haya jlh murid dan rombel,bgmn selusi,
BalasHapusSAYA SUDAH INSTALL DAN BERHASIL MEMASUKKAN BEBERAPA DATA
BalasHapusSAAT SAYA MEMASUKKAN DATA DI ROMBONGAN BELAJAR ADA PESAN
ERROR GAGAL SIMPAN
MOHON PENCERAHANNYA. THANKS SATU DATA
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusData invalid pada data YAYASAN. Padahal sudah diisi lengkap. Sudah dicoba dihapus, lalu diisi lagi. Tetap saja DATA INVALID pada kolom YAYASAN.
BalasHapusPlease help!
Tolong beri masukan,,,kenapa pada hasil sinkro data, ada data yang double..yang saya alami saya sinkron data rombel 4, tetapi setelah dicheck hasil sinkron nya data rombel saya 6..bagaimana cara penyelesaiannya
BalasHapusmasuk helpdesk pada manajemen paud dikmas, minta isi username dan passwords, stelah diisi dengan username dan passwords yang dibuat pada aplikasi dapodik paudni, username dan atau passwords salah. kenapa ?
BalasHapusmasuk helpdesk pada manajemen paud dikmas, minta isi username dan passwords, stelah diisi dengan username dan passwords yang dibuat pada aplikasi dapodik paudni, username dan atau passwords salah. kenapa ?
BalasHapusmau nanya ,,,, bagaimana cara mengubah identitas lembaga Dapodik Paud-Dikmas??
BalasHapusMaz.. mau tanya, gmn caranya log in ke manajemen helpdesk? Pakek username dan password dapodiknya kok gak bisa ya? Soalnya mau konfirmasi ttg gagal proses sinkronisasi..
BalasHapusapakah bisa satu PTK masuk 2 aplikasi yaitu TK DAN KOBER.. mohon di jawab
BalasHapusselamat siang, salam sejahtera untuk kita semua..
BalasHapussaya mencoba memahami aplikasi dapodik PAUD ini, sepanjang saya mengisi ternyata masih banyak ditemukan bugs. seperti berikut :
- saat mengisi anggota rombel, saat drag dari list nama ke rombel--> tidak muncul
- pengisian pendidikan formal guru, tombol save tidak berfungsi, hasilnya ketika di refresh data yg telah terinput hilang
- pengisian data rombel: ketika drag dari list sebelah kanan kekiri kemudian salah, maka drag dari list kiri ke kanan tidak berfungsi
- pengisian data rombel : ketika ada nama siswa yang salah diinput di list rombel kemudian menghapus nama siswa pada list sebelah kiri, saat nama anak tersebut ingin diinput kembali kesebelah kiri--> tidak bisa
- pada buku panduan tidak dijelas kan field nya satu persatu, jadi akan ada kemungkinan salah tanggap dalam pengisian data
- untuk mengetahui apakah data yg telah tersinkronisasi sudah berhasil atau belum --? daftar pengiriman pada web manajemen Paud sulit diakses--> Loading sangat lama
- saat masuk ke beranda di web dapodik kemudian klik refresh sering kali layar blank --> web tidak langsung menampilkan beranda
- tombol simpan pada Edit pembelajaran rombel tidak berfungsi dengan baik, kadang bisa tapi saat data didelete kemudian diisi baru, klik Simpan (tidak berfungsi)--> bugs
- Daftar PTK saat dipilih tidak muncul nama nya (PTK tidak ditemukan) sehingga daftar PTK koosong, padahal daftar PTK sudah diisi dan sudah teregister. pada Edit pembelajaran dimenu Rombongan belajar
tolong bagaimana ini solusinya.
perludiperhatikan tidak semua operator familiar dengan program seperti ini, jika aplikasi terlalu sering di perbaharui dan mengharuskan operator untuk terus menginstall, ini akan sangat merepotkan.
perbaharuan baik sifat nya major atau minor sangatlah bagus, tetapi jika terlalu sering, bisa menimbulkan pendapat bahwa program ini belum cukup stabil.
Bagaimana ya solusi baiknya?
permisi saya mau tanya ni..
BalasHapussaya sdh masukan data pendukung(data rinci ganjil) tapi bisa ke save, gmna cara nya ya?
lalu saya sdh sinkronisasi 100% tpi jumlah guru,jumlah siswa dan rombel tidak tampil di manajemen,bagaimana cara menampilkannya ya?sedangkan di dapodik sdh masuk.
terimaksih mohon dijawab ya.
kalau untuk data guru supaya tampil di manajemen coba masuk menu dapodik > PTK > Nama PTK > penugasan > sekolah induk > klik (ya)
HapusSaya setuju dengan mas/Pak "Rian da", Program belum stabil dan masih banyak debug yang ditemukan.
BalasHapusTambahan : untuk lebih memudahkan input data selain dengan cara manual, tolong ditambahkan Impor/ekspor berformat excel.
kenapa sesudah aplikasi dapodik sy uninstall trs sy instal lg buat login tidak bisa(username tdk terdaftar) pdhal sebelumnya bisa dan lancar . dan sy coba pake laptop yg lain juga sama username tdk terdaftar . ini kenapa ya
BalasHapuscoba registrasi lagi dengan username yang sama
Hapus#jagoo saputro
BalasHapushaaaa. iyaa punya saya juga gitu. tolong solusi nya pak.
kalau coba log in pake laptop lain kok tidak bisa, ada tulisan username tidak terdaftar. ini gimana caranya ? mohon solusi
BalasHapuskalau untuk sekarang setau saya kudu pakai laptop yang pertama kali buat registrasi
BalasHapussekedar membantu 085609696774
BalasHapusTolong dijaab saya sudah instal dilaptop dapopaudni 2.0.0 ada masalah error diunistal mau diinstal ulang tidak bisa ada peringatan aplikasi sudah pernahdiinstal kalau ganti laptop data lama kita hilang kan? Atau registrasi ulang dengan email kita yg lalu data ganjilnya msh ada?
BalasHapusapabila guru yang tidak terdaftar di dalam ptk dapodik kemudian dimasukan namanya di pembelajaran rombel untuk mengisi mata pelajaran. bisa/tidak?
BalasHapusMaaf mau nanya mungkin ada yg tahu...Ini mau registrasi se5elah 50% eror tidak bisa mengimport data prefill ke DB itu solusinya gmn?mksh
BalasHapusMaaf mau nanya mungkin ada yg tahu...Ini mau registrasi se5elah 50% eror tidak bisa mengimport data prefill ke DB itu solusinya gmn?mksh
BalasHapussepertinya harus update aplikasi..krn tiap semester aplikasi baru dari admin dapodik selalu berubah
Hapusibu jafira Purnamaningtyas, kasusnya sama dengan saya Ibu, Ibu sudah teratasi belum ? kasus nya saat registrasi ?
Hapusmemasukan email selalu salah terus kenapa yah, baru 1 hari ini...gak kebuka
BalasHapuskalau sudah unduh prefill trus prefillnya diapain agar supaya datanya bisa di backup di aplikasi?
BalasHapussinkronisasi selalu berhenti di angka 40% kenapa ya
BalasHapuscoba cek service DapopaudniDB dan DapopaudniWebSrv
Hapushttps://smpn6-sudimoro.sch.id/cara-mengatasi-sinkronisasi-dapopaudni-yang-menghasilkan-file-dz/
Ass. saya mau tanya sebenarnya jjm bagi ptk paud itu harus berapa ya karena setelah sya masukkan 24jam/minggu di dapodik, di info GTK masih status "JJm Tidak Memenuhi Syarat" mohon informasinya ....
BalasHapus