Macam-macam Jenis Rapat DPRD

Edukasippkn.com – Jenis-jenis Rapat DPRD terdiri dari :

a.   Rapat Paripurna merupakan rapat anggota DPRD yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua dan merupakan forum tertinggi dalam melaksanakan wewenang dan tugas DPRD antara lain untuk menyetujui Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah dan menetapkan Keputusan DPRD.

b.   Rapat Paripurna Istimewa merupakan rapat anggota DPRD yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua untuk melaksanakan suatu acara tertentu dengan tidak mengambil keputusan kecuali Pengambilan Keputusan dalam LKPJ.

c.   Rapat Fraksi merupakan rapat anggota Fraksi yang dipimpin oleh Ketua Fraksi atau Wakil Ketua Fraksi.

d.   Rapat Pimpinan merupakan rapat unsur pimpinan yang dipimpin oleh Ketua DPRD.


e.   Rapat Badan Musyawarah merupakan rapat anggota Badan Musyawarah yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Badan Musyawarah.

f.    Rapat Badan Anggaran merupakan rapat anggota Badan Anggaran yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Badan Anggaran.

g.   Rapat Komisi merupakan rapat anggota komisi yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Komisi.

h.   Rapat Badan legislasi merupakan rapat anggota Badan legislasi yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Badan legislasi.

i.    Rapat Badan Kehormatan merupakan rapat anggota Badan Kehormatan yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Badan Kehormatan.

j.    Rapat Gabungan Komisi merupakan rapat komisi-komisi yang dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua DPRD.

k.   Rapat Panitia Khusus merupakan rapat Anggota Panitia Khusus, dipimpin oleh Ketua atau Wakil Ketua Panitia Khusus

l.    Rapat Gabungan Pimpinan DPRD dengan Pimpinan Komisi, Alat Kelengkapan lainnya dan / atau Pimpinan Fraksi merupakan rapat bersama yang dipimpin oleh Pimpinan DPRD.

m.  Rapat Kerja merupakan rapat antara DPRD / Badan Anggaran / Komisi / Gabungan Komisi / Panitia Khusus dengan Kepala Daerah atau Pejabat yang ditunjuk.

n.   Rapat Dengar Pendapat merupakan rapat antara DPRD / Komisi / Gabungan Komisi / Panitia Khusus dengan Lembaga / Badan Pemerintah dan / atau Organisasi / Kemasyarakatan.

o.   Rapat-rapat lainya. 

0 Response to "Macam-macam Jenis Rapat DPRD"

Posting Komentar