Berikut
informasi tekait dengan perbaikan data NUPTK pada aplikasi Dapodikmen versi 8.4.0**.
Yth.
Bapak/Ibu Operator Dapodik SMA-SMK
di
Seluruh Nusantara
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Menindaklanjuti
banyaknya permasalahan mengenai status NUPTK yang Invalid di system VervalPTK
(vervalptk.data.kemdikbud.go.id), maka saat ini di buka kesempatan untuk dapat
memperbaiki data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK guna mendorong
percepatan verifikasi dan validasi data NUPTK.
Yang
diperlu diperhatikan adalah, bahwa kesempatan untuk dapat memperbaiki/mengedit
data NUPTK melalui Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** ini hanya = 1 X (SATU
KALI), setelah data NUPTK diisi/ubah/edit kemudian di simpan maka akan kembali
TERKUNCI. Dan perbaikan data NUPTK ini hanya dapat dilakukan pada Aplikasi
Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0**. Dihimbau untuk menggunakan kesempatan ini dengan
cermat dan bijaksana.
Berikut
penjelasan teknis status NUPTK Invalid di VervalPTK dan penanganannya:
1.
NUPTK INVALID disebabkan kesalahan input.
Yang
masuk kategori ini adalah:
a.
NUPTK
salah input/isi di Aplikasi Dapodik SMA-SMK sedangkan status di aplikasi sudah
non aktif dan tidak data di edit.
b.
NUPTK
diisikan data asal, misalnya = 0000000000000, 11111111111
c.
NUPTK
diisikan data bukan NUPTK, misalnya diisi PegID
d.
NUPTK
belum diisikan/kosong, padahal PTK yang bersangkutan sudah memiliki NUPTK
PERLAKUAN
:
a.
Lakukan
sinkronisasi dan cek report sinkronisasi pada bagian “PERUBAHAN DATA YANG MASUK
KE LOKAL”. Dan cermati pada kolom “Nama Tabel” jika terdapat “VLD PTK” dengan
keterangan “Sukses” sejumlah PTK yang NUPTK nya invalid di verval PTK, maka
kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** untuk PTK yang status NUPTK
Invalid sebagaimana penjelasan diatas akan aktif dan dapat diisi/edit/ubah.
b.
Lakukan
perbaikan data NUPTK, dan ingat harap dilakukan dengan cermat karena setelah
diisi/ubah dan disimpan, maka akan kembali di kunci. Disarankan data NUPTK yang
diisikan dicek terlebih dahulu pada laman: http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
c.
Setelah
dilakukan perbaikan data NUPTK, lakukan sinkronisasi untuk mengirimkan
perubahan/perbaikan data.
d.
Tunggu
1 X 24 jam untuk proses update dari server Dapodik ke server VervalPTK.
e.
Cek
status NUPTK di laman : http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
f.
Jika
status masih INVALID, maka ulangi proses dari awal (poin a.)
2.
NUPTK INVALID disebabkan PTK belum memiliki NUPTK
Untuk
PTK yang belum memiliki NUPTK, maka akan diproses berdasarkan mekanisme yang
dijelaskan di Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK
(http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2016-03-12/panduan_pengelolaan_data_gtk_dan_nuptk
)
PERLAKUAN
:
a.
Setelah
melakukan sinkronisasi maka kolom NUPTK pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0**
menjadi aktif dan dapat diisi, akan tetapi dikarenakan memang PTK yang
bersangkutan belum memiliki NUPTK maka HARUS TETAP DIKOSONGKAN.
b.
Dan
setelah kembali dilakukan sinkronisasi, maka status NUPTK di vervalPTK untuk
PTK yang belum memiliki NUPTK akan tetap INVALID.
c.
TIM
dari PDSPK akan melakukan validasi dan kemudian PTK yang belum memiliki NUPTK
akan masuk dalam menu “Kandidat”.
d.
Proses
berikutnya dilakukan sesuai dengan prosedur pengajuan NUPTK yang dijelaskan
pada Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK.
Demikian
informasi dari kami dan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya. Wassalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Salam
Satu Data,
Admin
Dapodik SMA-SMK
Sumber : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/
Sumber : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/
0 Response to "Cara Perbaikan Data NUPTK pada Aplikasi Dapodikmen SMA-SMK 8.4.0**"
Posting Komentar